Minggu ke-8 di KPB

Minggu ke-8 ini lumayan padat juga, dan membuat aku cape. Seminggu ini kegiatannya di luar dan jarang banget ke sekolah.

Hari pertama di minggu ini kita pergi ke Kebun Belakang untuk menanam tomat, dulu aku pernah menanam di sekolah saat waktu kelas 4 SD, tetapi setelah itu aku tidak pernah lagi menyangkul dan menanam tanaman. Aku baru tahu kalau membuat kompos bisa memakai limbah batang pisang, dan ranting – ranting yang sudah dipotong. Aku seneng sekaligus cape karena kita sudah jarang olahraga saat pagi, seneng banget karena baru pertama kali membersihkan kebun dan merancang pola bentuknya bersama. Aku juga belajar kalau membersihkan kebun tidak segampang menanam, salah satu yang paling aku sukai dari berkebun adalah menanam, hanya tinggal mengubur tanamannya dengan tanah, sebelum dikubur pastikan sudah diberi pupuk yang cukup.

Hari kedua kita pergi ke sekolah untuk mendengarkan kelas semesta tentang gempa, sedikit mendengarkan karena aku sangat ngantuk, tetapi ada beberapa hal juga yang aku dengarkan, seperti Patahan Lembang terjadi karena tabrakan antara dua lempeng. Hari Rabu nya kita pergi bersama K6 ke Patahan Lembang, tidak cape seperti ke Puncak Jayagiri, di sana banyak sekali sampah – sampah yang tercecer di sana.

Salah satu tempat yang aku lihat banyak sekali tumpukan sampah di sana, di perjalanan aku mulai mengambil sampah – sampah yang ada di jalan, sampai kita beristirahat aku mengumpulkan 1 kantong kresek yang berisi sampah.

Awalnya memang aku masih rada canggung untuk mengobrol dengan K6, sampai akhirnya aku harus menjelaskan sedikit tentang Patahan Lembang, dan aku mulai bisa mengobrol dengan mereka.

Baru kali ini aku pergi keluar bareng adek kelas, dan mereka anak yang heboh dan juga seru.

Hari Kamis selalu kita pergi ke Cibunut, kali ini kita kesana untuk melihatkan sampai mana buku yang sudah kita kerjakan, masih banyak banget yang harus diperbaiki dan ditambahkan, karena cerita yang sudah kita masukkan ke dalam buku belum cukup dan kurang lengkap. Buku tidak mudah dibuat, apalagi dengan jangka waktu yang pendek, harus mengumpulkan berbagai macam informasi, dan kita satukan untuk dijadikan buku. Jujur aku lebih suka ke Kebun Belakang untuk menanam dari pada membuat buku, tetapi membuat buku juga aku mulai bisa terbiasa.

Hari jumat yang seharusnya ke sekolah dan olahraga bersama K12, aku tidak masuk karena sakit, mungkin karena kurang istirahat dan banyak bergadang.

Minggu ini memang terasa padet dari pada minggu sebelumnya, lebih cape tetapi gatau kenapa aku tidak merasa bosan dan aku semangat untuk sekolah, aku baru tahu kalau kegiatan yang kita lakukan jika itu yang kita inginkan maka, kegiatan itu malah membuat kita bersemangat dan tidak mudah bosan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s