Project management

Project management atau manajemen proyek adalah susunan rencana sebelum kita melakukan sebuah proyek, susunan rencana tersebut digunakan untuk kita bisa mengetahui denga jelas apa yang selanjutnya akan dikerjakan dan itu membuat pekerjaan semakin mudah, rencana itu harus kita buat 2 agar jika ada suatu kendala kita bisa memakai rencana ke 2 untuk melanjutkan proyek yang kita buat.

Tahap demi tahap untuk mengerjakan manajemen proyek:

1. Inisiasi

Inisiasi adalah memastikam dan memahami agar proyek terkendali dan tidak keluar dari rencana yang sudah kita buat. Cara kerjanya adalah kita harus membuat kegiatan kegiatan apa saja yang harus dilakukan agar membuat suatu proyek, setelah kami membuat rencana – rencananya kami hany mengawasi dan melihat apa saya yang sudah dilakukan apakah sesuai rencana apa tidak, jika tidak sesuai rencana kita harus memastikan apa yang membuat rencana itu berantakan dan mengaturnya.

2. Perencanaan

Perencanaan di sini yaitu kita merencanakan pengerjaan proyek dengan lebih detil, seperti waktu, biaya, tempat, transportasi, dan yang berhubungan dengan proyek tersebut. Waktu pengerjaan kapan dan dimana mengerjakannya harus dicatat dan harus sesuai denga yang sudah direncanakan, untuk apa kita membuat perencanaan dulu sebelum kita bertindak?, itu penting dan membuat kita tidak kewalahan dan ingat waktu.

3. Pelaksanaan

Keterangan tentang tujuan proyek secara fisik dibangun untuk apa dan untuk siapa. Keterangan di sebuah proyek sangatlah penting salah satunya agar kita mengerti proyek tersebut berguna untuk siapa saja, jika kita tidak tahu apa tujuan kita membuat proyek tersebut untuk apa kita membuatnya jika belum tentu berguna untuk diri sendiri maupun untuk masyarakat. Tujuan yang kita buat juga harus jelas tidak hanya untuk siapa tetapi kegunaan tersebut menjawab kebutuhan masyarakat atau tidak.

4. Pengendalian

Mengati pelaksanaan proyek jika terjadi sesuatu atau gagal, jadi bisa melanjutkan rencana ke dua, seperti yang di nomor satu yaitu kita mencari dimana kesalahan dan apa yang membuat kesalahan tersebut terjadi, untuk apa kita harus membuat rencana ke dua?, jika kita gagal direncana per tama kita tidak akan menyerah begitu saja karena kita sudah menyiapkan rencana lain yang mungkin saja bisa berhasil jika dilakukan,

5. Penutup

Foto, video, file yang sudah di buat dan disimpan akan di arsipkan dan pendokumentasi. Simpanan untuk orang yang mau lihat cara kerja atau awal mula kita mengerjakan proyek ini hingga jadi. Pembelajaran untuk kedepannya jika kita akan membuat proyek lagi, kita tidak akan melupakan tahap demi tahap untuk mengerjakan proyek lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s