Tempat-tempat di sekitar Asia Afrika

Halo semua, udah lama ya aku ga bikin blog, nah di blog kali ini aku bakal ceritain beberapa tempat yang ada di sekitar Asia Afrika, beberapa tempat ini tuh menjadi perjalanan kecil untuk K11, karena aku tidak bisa hadir, jadi aku bakal ceritain bagaimana sih tempat-tempat itu menurut aku, karena jujur saja aku belum pernah kesana, walau sering lewat tetapi aku jarang sekali memperhatikan tempat-tempat yang bakal aku ceritain kali ini.

Hotel Savoy Homann

Hotel kuno yang berada di kawasan Jl. Raya Asia Afrika ini tempat penginapan para tokoh penting saat KAA berlangsung. Keluarga Homann adalah pemilik penginapan ini awalnya, pada 1870 keluarga Homann yang berasal dari Jerman pindah ke Bandung. Hotel Savoy Homann menjadi hotel tertua di Kota Bandung karena umurnya yang sudah lebih dari satu abad. Saat masa-masa pendirian Hotel Savoy Homann, Homann-red adalah nama penginapan saat itu.

Tidak terlalu sering aku melewati Jl. Raya Asia Afrika, tetapi aku tidak pernah memperhatikan Hotel Savoy Homann, bahkan aku tidak pernah melihat hotel ini sebelumnya, yang biasa kulihat hanya Museum KAA.

Museum KAA

Nah Museum KAA ini memang sangat sering kulihat, tetapi aku tidak pernah masuk ke museum tersebut, aku hanya melihat banyak sekali orang yang berfoto di depan museum tersebut. Museum ini dikenal sebagai memorabilia Konferensi Asia Afrika, museun ini dibangun karena adanya keinginan dari para pemimpin bangsa di Asia dan Afrika untuk mengetahui tentang Gedung merdeka dan juga tempat tempat di sekitar Konferensi Asia Afrika berlangsung. Museum ini diresmikan pada tanggal 24 April 1980 yang bertepatan dengan peringatan 25 tahun KAA.

Gedung Pikiran Rakyat

Gedung Pikiran Rakyat yang berada di Jl. Asia Afrika ini bergaya arsitektur Neo Klasik yang dibangun pada 1920. Gedung Pikiran Rakyat ini menurut aku cukup kuno, walaupun memang sudah lama berdiri di Kota Bandung, gedung ini pun masih bertahan sampai sekarang. Gedung ini buka tiap harinya di jam delapan pagi hingga empat sore.

Kantor Berita Antara

Kantor ini masih di sekitar Asia Afrika yaitu di Jl. Braga, kalau Gedung Pikiran Rakyat buka setiap hari, kantor ini hanya bunga di hari senin sampai hari jumat di jam delapan pagi hingga jam empat sore juga. Lembaga Kantor Berita Nasional Antara atau biasa disingkat dengan LKBN Antara ini awalnya adalah tempat kegiatan sosial seperti Bala Keselamatan.

Gedung ini juga tidak pernah aku kunjungi, bahkan aku belum pernah melihatnya, mungkin karena aku orangnya jarang sekali memperhatikan jalan, sehingga aku kadang suka tidak sadar melewatkan beberapa tempat.

Bioskop Majestik

Bioskop ini berada di Jl. Braga, dengan gaya art deco, gedung ini ngetrend di tahun 1920, tetapi dulu dikenal sebagai kaleng biskuit. Film yang ditayangkan di bioskop hanya berupa gambar bergerak yang tidak bersuara sama sekali. Bioskop Majestik untuk saat ini berubah fungsi menjadi sebuah kafe yang bernama Cafe Majestic.

Sama seperti beberapa gedung sebelumnya yang sudah aku bahas, gedung ini pun sampai sekarang belum pernah aku kunjungi maupun aku lihat saat sedang melewati Jl. Braga.

Inilah beberapa tempat bersejarah di sekitar Asia Afrika maupun Braga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s