Etika Remaja

Halo semuanya di blog kali ini aku tidak akan membicarakan tentang sampah lagi, bosen ya tentang sampah terus, nah mumpung di blog kali ini Aku tidak membicarakan sampah, jadi mari kita membahas tentang etika. Etika menurut kalian itu apa sih?, kalau menurut aku etika itu perlakuan seseorang terhadap lingkungan sekitarnya. Beberapa orang mengatakan bahwa etika adalah kewajiban dan tanggung jawab moral setiap orang dalam berperilaku di masyarakat. Etika biasa berkaitan dengan sifat seseorang yang dapat dinilai oleh orang lain. Etika tentunya berperan besar dalam bermasyarakat, dan dapat menjadi dampak yang besar di kalangan remaja sekarang. Sopan santun, norma, dan empati pun adalah salah satu dari etika. Etika itu penting bagi anak muda sekarang menurut aku, kenapa begitu penting, karena kebanyakan anak muda sekarang mulai tidak menyadari bahwa terkadang dirinya tidak mempunyai sopan santun kepada orang yang lebih tua ataupun orang disekitarnya.

Remaja saat ini kebanyakan tidak menghargai waktu dan masyarakat sekitar, ada sih beberapa yang masih menyadarinya kalau waktu itu penting, tetapi kebanyakan remaja sekarang malah berteman dengan gadgetnya saat berkumpul bersama teman-teman yang lainnya, kenapa aku bisa bilang begitu, karena aku sendiri pernah merasakan didiamkan hanya karena teman ku memainkan gadgetnya terus menerus sehingga pertemuan itu hanya sebatas foto, makan, dan pulang. Mungkin menurut kebanyakan orang kalau kita main gadget saat bertemu seseorang itu adalah hal yang biasa, tetapi apa bisa kalian fikirkan kalau orang yang sudah kita ajak untuk makan dan ngobrol bersama malah kita diamkan sedangkan kita sendiri malah sibuk main gadget. Kalian juga harus tahu kalau orang yang kita undang makan dan mengobrol itu punya dunianya sendiri, dan dia sudah menyempatkan waktunya untuk datang menemui kamu, jadi kalau kamu sibuk dengan gadget mu saat ketemuan dengan orang yang sudah menyempatkan waktunya untukmu, mungkin saja di lain waktu saat kamu mengundangnya lagi, dia tidak akan datang hanya karena perilakumu saat terakhir ketemu dengannya.

Sebenarnya masing-masing orang memang punya dunianya sendiri, tetapi kita juga harus tahu waktu dan tempat saat ingin menggunakan gadget, karena kalau setiap kita berkumpul dengan teman dan salah seorang ada yang menggunakan gadget, maka biasanya semua yang sedang mengobrol malah ikut-ikut an menggunakan gadget juga dan membuat semuanya keasikan sendiri. Maka dari itu sekarang mulailah untuk menjaga etika saat bersama teman maupun saudara, sebenarnya etika tidak hanya itu saja, ada banyak lagi etika yang masih belum aku bahas disini, karena aku sendiri baru hanya mengerti yang biasa terjadi dan terlihat di masyarakat. Kalau kejadian yang diatas biasanya aku melihatnya di tempat nongkrong ataupun tempat makan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s