Kontribusiku untuk Indonesia

Hai semua, kai ini blog aku akan menceritakan tentang kontribusi aku untuk Indonesia, apa sih yang aku lakukan untuk Indonesia agar tetap terjaga lingkungannya, kenapa dari sekian banyak kegiatan aku memilih untuk berkontribusi terhadap lingkungan fokusnya, karena sekarang ini jumlah timbulan sampah secara nasional sebesar 175.000 ton per harinya, sedangkan pertahunnya adalah 64 juta ton, kalian tahu tidak kalau setiap orang menghasilkan sampah sebanyak 0,7 kg per harinya.

Selain itu kalian tahu tidak seberapa berbahayanya sampah bagi kehidupan kita dan lingkungan, sebelum kalian melanjutkan membaca blog ini, disini aku akan memperkecil lagi, jadi sekarang aku akan membahas sampah plastik, karena sampah plastik sangat banyak dan sulit terurai. Alasan aku lebih memilih untuk membahas sampah plastik dibanding sampang yang lainnya karena aku juga pengguna sampah plastik dan belum tahu cara menguranginya yang tepat bagaimana, tetapi aku sudah bisa bertanggung jawab atas sampah plastik yang aku gunakan, alasan kedua karena Indonesia sekarang adalah penyumbang sampah plastik terbesar di dunia.

Kalau sudah sebanyak itu sampah didunia, aku harus apa?, aku harus berkampanye tentang sampah? tapi kan sudah banyak yang begitu, aku juga tidak tahu dampak kampanye tersebut ke masyarakat itu besar atau kecil, jadi aku harus apa agar bisa berkontribusi untuk Indonesia.

Aku suka sekali berkarya, entah melukis atau membuat sesuatu dengan sendiri biasa disebut dengan DIY ( Do It Yourself ) dan dari kesukaan yang biasa aku lakukan, aku berfikir kenapa tidak membuat karya dengan sampah, sampah yang sudah aku gunakan, maupun sampah orang di sekitar aku, aku tidak menyuruh untuk menambah penggunaan sampah agar bisa dijadikan karya, tetapi kenapa tidak mencoba untuk bertanggung jawab atas sampah yang dihasilkan sendiri, aku mau agar masyarakat di sekitar aku mendapatkan maknanya dan berfikir yang sama dengan karya yang berbeda mungkin, dan juga bisa saja membuat karya dari sampah-ku selama sebulan, bahkan setahun mungkin.

Walaupun aku berkontribusi tidak banyak, tetapi aku bangga karena sudah bisa bertanggung jawab dengan sampah ku sendiri, semoga blog kali ini bermanfaat juga untuk kalian yang membacanya, Terima kasih sudah membaca blog aku kali ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s