Perjalanan ke Kareumbi

Halo teman – teman semua, di blog kali ini aku akan menceritakan perjalanan seru Kelompok Sekomandi ke Kareumbi selama 2 hari 1 malam. Seperti yang dikatakan di blog aku sebelumnya, saat perjalanan aku akan menyiapkan semua kebutuhan, jadi karena aku ingin magang di Kareumbi, aku ditantang untuk membawa Kelompok Sekomandi untuk menjelajah ke Kareumbi sebagai pelatihan untuk jelajah nanti.

Hari sebelum kita berangkat ke Kareumbi, aku mengajak teman – teman yang rumahnya jauh untuk menginap agar tidak terlambat, awalnya cuma Farah, dan Carenza. Akhirnya kita mengajak Kelompok Sekomandi untuk menginap karena jika tidak pasti saja ada yang terlambat, soalnya kami akan mengambil kereta pagi. Kita semua baru bisa tidur sekitar jam 1 pagi, ada juga yang tidak tidur, dan kita sudah harus bangun pukul 03:30 untuk siap – siap.

Pukul 03:30 ternyata aku tidak terbangun, dan akhirnya terbangun pukul 03:40 dan membangunkan farah terlebih dahulu untuk mandi, karena dia sedikit lama saat mandi, setelah farah selesai aku pun buru – buru untuk mandi, karena takut telat. Lalu semuanya satu persatu mandi, dan aku mempersiapkan bahan makanan untuk kita makan nanti disana, seperti beras kumasukkan ke tempat nasi sekalian memasukkan telur kedalam nasi agar diperjalanan nanti tidak pecah.

Pukul 05:06 kita tiba di stasiun dan menunggu kedatangan Kak mel, lalu kita langsung beli tiket untuk ke Cicalengka, harga satu tiket itu hanya 5.000 saja untuk sekali perjalanan. Aku, farah, sasa, dan khalid duduk berhadapan, makannya kita mengobrol saat diperjalanan, sampai kita tidak sadar kalau sudah sampai di Cicalengka, sedangkan carenza yang berhadapan dengan tyogo mungkin sudah terlelap tidur.

Sesampainya di sana kita membeli sarapan dan makan terlebih dahulu sebelum kita akan pergi lagi menuju Kareumbi, aku beli kupat tahu di sana, satu porsi lumayan banyak, sehingga aku membagi makanannya ke carenza, dan ternyata kupat tahunya murah sekali, hanya 7 ribuan di Cicalengka, sedangkan biasa aku beli di Bandung sekitar 15 ribu. Setelah makan Kak mel nawar angkot, karena tidak ada lagi yang jago nawar, akhirnya kita dapet 250 ribu pulang pergi. Perjalanannya lumayan jauh, dan ada angin sepoi – sepoi, aku ngantuk di situ dan ingin cepat istirahat rasanya, karena tidurnya tidak benar kemarin.

Saat kita sudah di tempat persemaian, ternyata abah Marjulis tidak ada di sana, akhirnya kita jalan ke kamp dan menunggu kang darmanto. Sambil menunggu di sana, aku kaget dengan suara anak anjing yang kedinginan, dia masih kecil dan mungkin tercebur ke dalam lumpur hingga badan dia kotor semua, lalu akhirnya sasa menggendong dan membersihkan sedikit kotoran di badannya. Akhirnya kita membawa anak anjing itu dan memandikannya dengan sabun mandi. Khalid memberi baju bekasnya untuk melapisi anak anjing tersebut agar tidak kedinginan, dan kita mengurusnya.

Akhirnya kita diberi kunci yang tergantung di belakang tembok, akhirnya aku dan farah langsung tidur, karena pagi tadi cape banget menyiapkan bahan makanan untuk di Kareumbi, sementara yang lain bersih – bersih, dan ada yang menyusul tidur juga bareng kami, dan khalid, sasa, kak mel menyiapkan makanan untuk makan siang. Aku lupa bangun jam berapa, pokoknya saat bangun sudah ada ayam yang kelihatan lezat, semuanya makan bersama, dan sasa memberi makanan dulu ke anak anjing tadi, anak anjing itu kita beri nama yaitu potato.

Kita main kartu sambil menunggu agar tidak ada matahari, saat itu akhirnya kita brainstorming untuk film yang akan kita buat nantinya, dan waw yang tadinya tidak jelas, sudah lumayan kelihatan bentuk filmnya kaya apa, dan semua juga menyampaikan ide – ide mereka untuk film yang akan kita buat. Selesai kita pusing – pusing akhirnya kita main jengga karena hujan dan ttidak bisa jalan.

Selesai hujan kita semua langsung jalan menuju sungai, kita diantar oleh chiko, anjing yang berada di sana. Diperjalanan ternyata jembatannya sudah tidak ada dan akhirnya kita turun menyebrang lewat air yang mengalir, cukup dalam sehingga sendal yang aku pakai ikut tercelup ke dalam dan sulit untuk diambil, saat aku ambil sendalnya, aku melihat kodok kecil hitam dan langsung buru – buru untuk naik keatas karena geli. Sesampainya di sungai kelompok sekomandi seperti anak kecil yang mendapatkan gulali, kami sangat senang dan jalan lagi di sungai hingga menemukan tempat yang enak untuk kita main.

Tidak kerasa kita main sekitar 2 jam mungkin, lalu kita kembali ke rumah rusa yang berada di persemaian. Setelah mandi dan beres – beres, sasa masak sarden untuk kita makan, dan tadi sebelum pergi kita masak nasi dulu, jadi itu semua abis kita makan karena mungkin cape main di sungai. Lalu sekitar jam 5 sore kita semua dipanggil kak mel untuk kedalam, dan ternyata banyak rusa.

Akhirnya kita ngobrol – ngobrol dan sedikit mengantuk, padahal baru jam 8 malam, akhirnya kita semua tidur, dan aku terbangun karena kedinginan, lalu semuanya terbangun, akhirnya kita meminta bantuan untuk menyalakan api unggun ke A Obi, dan kita menghangatkan badan saling berdempetan sambil menyanyi – nyanyi. Lalu semuanya kembali tidur, tetapi aku tidak begitu nyenyak karena dingin sekali, dan sempat beberapa kali terbangun dari tidur. Akhirnya pagi juga, tapi tetap saja dingin, lalu kita masak mie untuk menghangatkan badan.

Sebelum kami pulang ke Bandung, kami ikut mengelilingi kandang rusa, jalannya naik turun dan licin sekali, tapi untungnya aku tidak jatuh lagi saat mengelilingi kandang rusa. Sebelumnya aku jatuh saat pergi ke sungai, tidak terlalu sakit sih, aku jatuh karena licin sekali. Jaraknya sekitar 5 KM dan ternyata lebih cape ke Jayagiri dari pada mengelilingi kandang rusa.

Setelah mengelilingi kandang rusa, semua berlarian untuk minum, karena kita semua tidak bawa minum dan kehausan. Jam 11 akhirnya kita kedepan karena angkot kita sudah janjian. Setibanya di stasiun ternyata kita dapet kereta yang tinggal naik doang, kita nunggu sebentar doang lalu naik keretanya, sesampainya di sana kita pisah dan pulang ke rumah masing – masing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s