System thinking

System thinking atau berpikir sistematis adalah berpikir secara keseluruhan dan bukan sebagian saja, melihat sesuatu dengan gambaran yang lebih besar agar membuat suatu proyek berhasil atau mencapai tujuan yang lebih besar dari sebelumnya.

System thinking itu memikirkan semuanya secara mendalam dan sangat detil dan melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda, dengan kata lain menanyakan pendapat dari banyak orang yang benar benar membutuhkan sesuatu yang akan kita buat. Misalnya aku akan membuat kursi kerja yang ada pemijatnya, bisa saja bagi orang lain kursi itu berguna dan juga bisa tidak berguna, orang punya pendapat berbeda – beda dan ada yang mikir kalau kursi kerja ada pemijatnya bisa bikin malas ada juga yang berpikir bisa santai saat badan sudah cape saat bekerja.

Salah satu system thinking adalah visi, misi, tujuan, sasaran, dan aktifitas. Bisa dimulai dari visi duluan maupun misi, jika kita mempunyai misi, kita hanya perlu visi yang menjelaskan inti dari misi tersebut dan untuk selanjutnya tinggal membuat misi tersebut menjadi lebih detil, itu yang namanya berpikir secara sistematis.

Saat kita sudah mempunyai visi yang jelas maka kita juga akan mengerti misi apa yang sesuai denga visi kita, dare visi ke misi harus lebih detil, dare misi ke tujuan lebih detil lagi dan seterusnya. Sampai di aktifitas kita akan mengetahui langkah apa yang harus kita lakukan selanjutnya, karena aktifitas adalah yang paling detil maka kita akan melangkah maju lagi dan membuat design thinking dan project management, penjelasannya akan dijelaskan di blog selanjutnya. Sistem sudah dibuat maka kita berlanjut ke proses selanjutnya adalah strategi kita untuk mengerjakan visi dan misi yang sudah kita buat dengan cara membuat timeline dan juga jobdesk agar kita tidak lupa untuk mengerjakan sesuatu tahap demi tahapnya sendiri.

Aku belum bisa berpikir sistematis karena memang malas dan suka lupa waktu, setiap buat timeline atau jobdesk aku pasti hanya mengerjakan dan semangat diawal dan seudahnya timeline atau jobdesk yang aku buat tidak akan aku lihat lagi karena kelupaan.

screen shot 2019-01-30 at 11.14.46 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s