Pengalaman memindahkan Panel Surya

Kegiatan memindahkan panel surya ini dilakukan di sekolah, ada beberapa pekerjaan yang harus dikerjakan agar dapat memindahkan panel surya tersebut. Ada 2 kelompok yang harus mengerjakan 2 pekerjaan sebelum kita pindahkan panel surya yang berada di daerah bengkel ke atas kantor Semi Palar. Pertama bersihkan tempat yang dipakai untuk menaruh panel tersebut hingga bersih dan yang kedua adalah mencatat rangkaian rangkaian panel surya, agar mudah jika ingin dipindahkan.

Aku membersihkan tempat untuk menyimpan panel tersebut bersama Khalid dan Carenza, di atas banyak sekali dedaunan, batu bata, batu, dan juga paku. Kita bagi tugas agar pekerjaan kita cepat beres dan rapih, aku memindahkan daun-daun, Khalid menyapu agar lebih cepat, Carenza memindahkan batu bata dan mengambil plastik / karung. Setelah pekerjaannya selesai, aku membantu yang lainnya seperti memasukkan dedaunan ke plastik dan memasukkan batu bata ke karung. Setelah semuanya sudah rapih kita membawa turun plastik dan karungnya dibantu juga oleh Mas Woto, karena karungnya berat dan susah untuk diturunkan.

Aku langsung ke daerah bengkel karena pekerjaan sudah selesai, dan membantu menggulung kabel, Pak Moris dan Sasa mengangkat panel surya dan aku memegang kabel yang sudah digulung, sedangkan Khalid dan Carenza membawa tempat untuk menyimpan panel surya. Mas Woto dan Pak Ben ke atas duluan agar bisa mengangkat panel surya dan tempatnya tersebut, setelah itu beberapa ada yang keatas untuk memasang panel suryanya. Saat selesai memasang tempat dan panelnya dengan baut, kita mengikan kabel – kabel agar tidak berantakan.

Di panel surya tersebut ada dua kabel yang akan disambungkan ke controller agar cahaya matahati diubah menjadi listrik, lalu controller disambungkan lagi ke AKI agar listrik tersebut disimpan di AKI. Selain disambungkan ke AKI, controller juga disambungkan ke kekuatan arus agar kita dapat mengetahuin kekuatan arus tersebut.

Kabel kecil yang akan dipasangkan ke controller ada beberapa warna untuk mengetahui apakah kabel tersebut negative atau positive, kita bisa mengetahui dari warna kabel seperti hitam itu negative, dan jika kabel tersebut bukan berwarna hitam, maka kabel tersebut positive.

Ternyata memindahkan panel surya harus ada step by step nya karena kalau tidak akan kewalahan, semua harus bertahap dan rapih, seperti membersihkan tempat, menyatat, menyambungkan. Semua barang kecil yang dipakai harus diinget tempat pemasanganny dimana agar tidak salah ketika memasang.

Saran aku jika ingin membuat atau memindahkan panel surya adalah merapihkan tempat yang akan dipakai untuk menaruh panel surya, mencari tahu cara kerja dan bagaimana memasangnya, minta bantuan ke orang yang mengerti tentang panel surya, hati – hati agar tidak kesetrum, gambar bentuk sambungan – sambungan yang sudah dicari dan memasangnya dengan hati – hati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s