Proyek Mandiri.

Blog kali ini aku akan menceritakan sedikit proyek mandiri yang akan aku buat ini. Proyek mandiri itu sama seperti proyek besar tetapi bedanya kita harus mengerjakannya secara mandiri dan tidak berkelompok seperti semester lalu. Walau lebih susah mungkin proyek ini lebih seru karena aku tidak berhadapan dengan kayu melainkan dengan alam, ya dengan alam yang akan aku jadikan buku. Pertama aku merencanakan untuk ke Jogja selama tiga bulan untuk membuat proyek mandiri, tetapi mungkin akan lebih sulit karena aku belum pernah ke Jogja sendirian, jadi kalau di Bandung aku akan lebih gampang untuk jalan-jalan.

Awal aku memilih proyek ini karena aku ingin belajar menulis dan banyak membaca karena aku paling males baca dan susah merangkai banyak kata (menulis). Proyek ini aku pilih karena aku bisa jalan-jalan dan foto-foto permandangan. Selain karena aku menyukai jalan-jalan aku juga ingin banyak mengenal orang-orang di sekitar aku dan juga agar aku bisa lebih mengenal Bandung.

Aku membuat jadwal mingguan agar proyek ini bisa berjalan dengan lancar, tetapi aku masih belum bisa mengatur waktu dengan baik sehingga aku masih belum pergi ke tempat-tempat yang akan aku kunjungi. Aku hanya baru ke Braga dan bertemu seorang pelukis yang ramah, Ia mau membantu aku belajar melukis dan sering membantu aku, Ia juga membuatkan aku kanvas untuk aku melukis, sudah dua kali aku kesana dan sangat menyenangkan mengobrol dengan bapa Dede. Sedikit demi sedikit juga aku mengerjakan skenario, Proposal jika aku tidak pergi kemana-mana. Aku juga masuk ke Komunitas Semut Foto, seperti namanya komunitas tersebut mengajarkan teknik foto dan tentang foto lainnya.

Buku yang akan aku buat itu tentang perjalanan aku di Bandung, tentang bagaimana bisa sampai kesana sampai bagaimana indahnya permandangan disana. Di buku ini aku akan buat sebanyak 300 halaman dan menyelipkan beberapa kata-kata motivasi atau bisa disebut quotes, dan aku juga akan menyelipkan lembar kosong yang berwarna agar membuat buku tersebut menarik dibaca dan tidak membosankan. Aku belum tahu keseluruhan isinya tetapi yang penting adalah aku akan membuat buku ini tidak membosankan dan bermanfaat bagi orang-orang yang membacanya.

Kegiatan aku yang selanjutnya adalah aku akan mengatur jadwal ulang agar lebih jelas dan lebih gampang, aku juga akan mulai jalan-jalan mengelilingi Bandung dan sekitarnya. Aku juga akan mulai membaca buku yang berkaitan dengan perjalanan sehingga aku mendapatkan inspirasi dari buku tersebut dan mengetahui bagaimana cara menulis yang tidak membosankan. Selain itu aku juga akan mulai mengikuti kegiatan komunitas dan mencari mentor untuk membantu aku dalam menulis yang baik dan benar, karena aku belum bisa menulis yang rapih.

Harapan aku untuk kedepannya yaitu agar buku ini jadi dan yang membaca juga merekomendasikan ke orang-orang di sekitarnya, selain itu pembaca juga bisa mendapatkan banyak informasi dari buku yang akan buat. Aku juga berharap agar buku tersebut bermanfaat bagi orang yang membacanya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s